Kamis, 14 Februari 2013

Apa itu SEO ?

Apa itu SEO ?
Apa itu SEO ?

Apa itu SEO ?

Mungkin pertanyaan tersebut akan memenuhi pikiran sobat yang baru saja mendengar kata-kata yang disingkat dalam tiga huruf tersebut, SEO. Lain halnya bagi para master ataupun pakar SEO, kata tersebut sudah menjadi pokok utama dalam setiap proyeknya baik berupa artikel maupun web secara keseluruhan.

SEO atau yang lebih akrab disebut Search Engine Optimization dalam bahasa inggris adalah sebuah teknik pemasaran dalam bisnis internet (online) yang bertujuan untuk memperoleh atau mendatangkan pengunjung secara tertarget dan maksimal melalui mesin pencari, seperti Google, Yahoo, dll.

Teknik ini menggunakan berbagai cara yang umum dilakukan oleh ahlinya untuk tujuan SEO tersebut. Dengan melakukan serangkaian proses optimasi tersebut diharapkan suatu website atau halaman dalam website itu bisa menduduki posisi terbaik pada hasil pencarian. Dan posisi terbaik adalah posisi yang sering dikunjungi orang dalam suatu keyword.

Keyword atau kata kunci pencarian tersebut dapat berupa satu kata khusus maupun yang umum digunakan oleh pencari, dapat pula berupa susunan beberapa kata yang menjadi untaian kata dalam sebuah kalimat yang lebih spesifik sehingga tentunya seorang pencari bermaksud mencari hasil yang lebih detail. Namun tak jarang pula para pencari menggunakan query pencarian acak atau susunan kata yang tidak beraturan untuk mencari sesuatu pada mesin pencari. Ini biasa terjadi beik itu karena pencari berkali-kali gagal dalam mencari suatu hal yang dibutuhkan maupun memang melakukan pencarian yang begitu dengan maksud tertentu.

Mengenai posisi dalam hasil pencarian tentunya posisi yang paling bagus seperti yang disinggung sebelumnya adalah dimana disitu paling sering dikunjungi, mudah dilihat dan dijangkau. Dengan kata lain posisi yang paling bagus adalah antara halaman 1 sampai 3 hasil pencarian. Jika sampai halaman tersebut pengunjung belum mendapat informasi yang ingin dicarinya, barulah ia akan beralih menggunakan keyword lain.

Hal itulah mengapa berada di posisi emas tersebut merupakan suatu keharusan jika menggunakan teknik SEO. Terlebih bisa berada di TOP 10 apalagi sampai peringkat 1, pastinya akan banyak kunjungan yang akan didapat. Dengan asumsi bahwa rata-rata pengunjung pasti akan mencoba membuka halaman website kita jika memang kontennya bagus.

Demikian sedikit pemahaman mengenai Apa itu SEO dan semoga menjadi pencerahan dan bermanfaat bagi kita semua. SEO Asli
Posting Komentar